Sabtu, 01 April 2017

Apa itu Sempoa ?

Sempoa merupakan alat hitung yang sangat populer di Asia terutama di negara China, bentuknya terdiri dari rangkai (bingkai) dengan sederetan poros (tiang-tiang) manik-manik. bentuk maniknya bermacam-macam, ada yang bulat, dan ada juga yang berbentuk seperti berlian (diamond), umumnya pada saat ini manik sempoa berbentuk seperti diamond.


Awalnya Sempoa sudah ada di China, dengan bentuknya yang masih sangat kuno. Di China sempoa merupakan salah satu benda yang sangat berharga bagi masyarakat China, karena pada saat itu sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai pedagang dan sempoa menjadi alat hitung yang mereka gunakan. 



Sampai pada akhirnya Sempoa tersebar ke negara Jepang, hanya saja sempoa di Jepang lebih morderen dibandingkan dengan sempoa yang ada di China.
Sempoa terus berkembang ke berbagai negara, seperti ke Taiwan,negara-negara Asia lainnya hinggga sampailah sempoa ke Indonesia. untuk penyebutan sempoa, masing-masing negara memiliki nama masing-masing. Penyebutan Sempoa hanya berlaku di Indoneia, kalau di China sempoa dikenal dengan nama ABACUS. 











































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAKEKAT MANUSIA MENURUT LUDWIG ANDREAS FEUERBACH

Ludwig Andreas Feuerbach (1804-1872) adalah seorang filsuf-ateis yang lahir di Bavaria, Jerman. Pada usia muda ia tertarik dengan soa...